KECAMATAN SUMPIUH SELENGGARAKAN BINTEK SISKEUDES

Jumat, 27 Oktober 2017 | 4571 Kali
KECAMATAN SUMPIUH SELENGGARAKAN BINTEK SISKEUDES

SUMPIUH : Pemerintah Kecamatan Sumpiuh bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (bintek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi Sekdes dan Bendahara Desa se-Kecamatan Sumpiuh. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 25-26 Oktober. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekcam Sumpiuh. Bertindak sebagai pemateri adalah Bagian Pemerintahan Desa SETDA Kabupaten Banyumas, Kasi Pemerintahan dan Pendamping Desa Kecamatan Sumpiuh.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Sumpiuh, Nurul Bahiyah menyampaikan "Tujuan utama adanya Aplikasi Siskeudes adalah agar aparat Pemerintah Negeri/Desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan, serta dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Serta diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan Keuangan Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif". 

Dalam pelatihan, disampaikan gambaran umum mengenai Aplikasi Siskeudes, serta penjelasan mengenai berbagai menu yang ada dalam aplikasi. Selain itu, peserta workshop juga melakukan simulasi pengisian aplikasi, dimulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, hingga pembukuan. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar para Aparatur Pemerintah Desa dapat meningkatkan kapasitas keilmuan sebagai unsur Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) yang membantu Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan desa.

 

Related Posts

Komentar