SUMPIUH STUDI KOMPARATIF KE DESA PANGLIPURAN BANGLI BALI

Senin, 12 November 2018 | 6155 Kali
SUMPIUH STUDI KOMPARATIF KE DESA PANGLIPURAN BANGLI BALI

Mulai hari Jumat tanggal 9 Nopember 2018 dilaksanakan Studi Komparatif ke Desa Panglipuran Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Provinsi Bali.

Kegiatan ini diikuti oleh Perangkat/Karyawan Kecamatan Sumpiuh, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Kabupaten Banyumas, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyumas, TP PKK Kecamatan Sumpiuh.

Studi Komparartif ini bertujuan untuk mengispirasi Tim Penggerak Pengelola Lingkungan Hidup Kecamatan Sumpiuh. Disamping sebagai bahan pembanding antara Desa Panglipuran dengan Kecamatan Sumpiuh dilain pihak adalah ingin mengetahui proses mendapat titel Desa terbersih di Dunia.

Tim diterima oleh Ketua Pengelola Desa Adat Panglipuran Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Inti dari pemaparan beliau Bapak Ni Unang yaitu komitmen bersama warga desa. Diceritakan awal mula menjadi Desa Adat, membutuhkan perjuangan, pengorbanan, kebersamaan dalam mewujudkannya. Ini juga perlu waktu, perlu proses, perlu tahapan tahapan yang harus dilalui. (step by step)

Konsep menggunakan konsep kehidupan masyarakat Bali pada umumnya, yaitu dibagi 3 (tiga) : 1. Kahyangan, 2. Lingkungan, 3. Pakarangan. Kahyangan (Tempat ibadah(Pura), Lingkungan (Perumahan), 3. Pekarangan (Ladang, hutan).

Related Posts

Komentar